Thursday, January 19, 2012

“you don’t know what you got ‘till it’s gone”

"Gue sebenarnya bukan orang yang RELIGIUS... tapi gue adalah orang yang SPIRITUAL"

Penjelasannya adalah sebagai berikut;

Gue takut sih kalau mengatakan bahwa gue BUKAN orang yang Religius. konotasinya pasti akan lebih ke arah "gak punya Tuhan" ... "arrogant, sampai gak mengakui Tuhan.." dan mungkin ada yang bilang juga bahwa mungkin gue ini adalah "orang yang gak pernah berdoa." tapi sejujurnya, dalam konteks hal ini, gue menggambarkan diri gue adalah sesosok wanita yang gak mau dilihat dalam segi "religius" namun gue harus bersikap kalau gue adalah benar2 seorang MANUSIA yang beradab. contohnya ;

1. Gue gak akan mengutip perkataan di KITAB SUCI, atau ceramah para nabi dan juga pesan2 dari pemuka Agama ketika gue bicara dengan siapapun. (terkesan bagi gue : biar dikira kita ini SUCI.. atau dikatakan JAGO dan gape sama KITAB SUCI)

2. Gue juga tidak akan mengingatkan orang untuk berdoa (tapi lebih mengizinkan mereka punya waktu sendiri untuk berdoa).

3. Gue juga akan bersikap netral, ga mau bilang bahwa agama laen salah dan agama gue bener (macam betul aja gue..!!)

4. Apalagi gue bersikap seolah2 orang laen lebih dosa dari gue.. (cuih...!)

Tetapi justru, gue lebih memilih untuk menjadi orang yang SPIRITUAL. yaitu gue lebih hidup sesuai aturan tidak tertulis yang sudah ada, dan percaya akan adanya Keadilan dari hasil berbuat baik. ya, lebih kaya gitu deh...

contoh ;

1. Gue percaya akan adanya KARMA. makanya jangan seenaknya memperlakukan orang, karena biasanya, apa yang yang elu lakukan ke orang lain, MOSTLY akan balik lagi ke elu. (kalau yang ini, gue setuju banget, dan gue harus bener2 melakoni nya.)(susah cyinnn, tapi ya, emang harus dilakukan..)

2. Gue yakin bahwa setiap niat baik akan menjadi hasil yang baik. meskipun orang selalu salah menanggapi niat baik kita, tapi seperti yang udah gw bilang bahwa SETIAP NIAT BAIK AKAN MENJADI HASIL YANG BAIK. cusss...

3. Life is not always like what you wanted.. tapi lu bisa bikin hidup lu menjadi suatu hal yang more than you expected. Yaaa .. itu semua dari pilihan2 yang lu buat sih nekkk....

4. Elu harus jadi orang baik untuk bisa diterima dimana-mana, dan juga elu harus menjadi orang baik untuk alasan lu melanjutkan kehidupan... misalnya, ada nenek2 mau nyebrang jalan. terus elu bantu nyebrang... wah, pasti orang2 sekitar yang ngelihat akan taro hormat ke elu. (meskipun tidak tersirat). tapi jangan sekali-sekali elu coba "ndorong" tuh nenek pas busway lagi ngebut. Gue yakin, kehidupan lu kagak bakalan berlanjut. !! (jangan ditiru yah... ngebayanginnya aja udah sedih gue...)

5. Setiap manusia punya derajat yang sama. yang membedakan hanyalah apa yang mereka lakukan untuk bertahan idup sama gimana mereka melakukan pilihan untuk hidupnya. jadi jangan pernah "judge the book by its cover" ... dalemnye bisa aja ada bomb!! gawat lho! (Untung si Ahmad Dhani waktu itu belom buka bukunya. *kenapa jadi ke Ahmad Dhani??*)

Well, gue akan coba kemas cerita gue kali ini dalam hal yang ringan dan fun. gue gak akan buat ini terkesan dendam dan juga menyindir siapapun. :)

so please set your mind, and ENJOY !!

Intinya, kenapa gue punya quote "GUE BUKAN ORANG YANG RELIGIUS, TAPI GUE ADALAH ORANG YANG SPIRITUAL". yaitu karena emang, akhir2 ini banyak orang yang bilang ke gue kalau gue itu mulai jauh dari Tuhan (literally), dan gue mulai tidak lagi berdoa (hal ini yang buat gue gak suka, emang lu pada liat gue berdoa apaaaa?? hah ? hah ? hah?) *gaya marah nya Mpok-mpok betawi)

Gak bermaksud untuk memojokan orang – orang tersebut sih, karena gue tahu bahwa mungkin gue sendiri tidak berjalan sesuai arah. cuma ya,sekarang ini gue sebenarnya mau curcol aja bahwa gue sebenarnya sudah punya "mind-set" sendiri tentang bagaimana gue menciptakan hubungan gue dengan Tuhan. daaaaannnnn... kalau tidak selaras dengan keinginan kalian, ya MAAB.. cuma gue pikir, gue adalah satu-satunya orang yang berhak menentukan kehidupan gue akan bagaimana nantinya. jadi ya, mohon dipahami juga yach cyinnn....

Dan satu hal yang sebenarnya belum banyak dipahami oleh banyak orang saat ini adalah, bahwa seseorang yang tidak RELIGIUS itu. bukan berarti mereka itu SUCKS, or EVIL. salah satunya gue.... (gak berani membela kaum lain, gue pake contoh gue aja deh). Gue itu adalah manusia termanis yang sebenarnya TERZOLIMI oleh teman2 kantor gue. Namun gue tidak pernah mengutuk mereka dengan pengetahuan agama gue. gue hanya bisa ngakak sampe kayang-kayang, dan ujungnya2... membanting diri ke lantai dan guling-gulingan sampai tuh lantai ledes... dan temen2 kantor gue pun bersorak-sorai, tepuk tangan dan gak jarang ngelemparin gue koin "gopek-an" atas atraksi gue tersebut. (kok kaya topen monyet ???)

masih mau panggil gue EVIL ? or penjahat? Ohh tidaaakkkkk ... *adegan lari ke tembok dan nempel2 kaya cicak sambil pasang tampang drama* (dalem ati berharap, biar produser FTV mau ajak gue maen pelem sbg lawan maen si RIO DEWANTO. dan ada adegan mesra2nya sepanjang pelem ... weellleeeehhhh.... *merem-melek*)

Nahhhh... sekarang gue mau cerita akan apa yang terjadi sama gue berdasarkan cerita awal gue nih. Kenapa gue menganggap bahwa menjadi seseorang yang spriritual itu cukup penting. (tapi bukan macam a’a GATOT, guru spiritualnya si Reza artamevia ama si Elma Theana) tapi ya itu tadi, spiritual yang gue udah jelasin tadi di atas .. (please deh jangan minta jelasin lagi, udah gempor nih jelasinnye..)

Beberapa taon lalu, gue ketemu dengan seorang temen bae yang langsung gue anggap sahabat tanpa harus melalui gunung, ombak, badai, tornado atau krismon. Pokoknya, udah terbukti banget kalau dia itu emang orang nya bae banget! (ya, kaya si angga gitu deh....tapi Fitria Yusuf lebih baik dari elu yach Ngga?) *wink on angga;). Dia banyak ajarin gue gimana caranya menjadi teman yang baik. Setia kawan, perduli, share, dan meskipun terkadang sampe harus rebutan payung, tapi gue tahu kalau dia itu emang teman yang baik dan pantas digelari “best bud”.

Setahun pertama persahabatan ini berjalan, gue mulai merasa ada gelagat sedikit aneh yang dilakukan oleh temen gue ini. Dia kayanya suka ama gue Sob .. ( asli kaga ge er... emang beneran, dia emang suka gue!! Anggep aja dia lagi khilaf -__-). Beberapa kali dia coba untuk tunjukin niat itu ke gue. Tapi sama sekali gue gak pernah gubris, bahkan kalau ada pembicaraan yang ke arah itu, gue pasti langsung milih untuk joged kayang atau ngebor kaya inul biar perhatian dia distracted ketempat lain dan gue bisa kabur diem2 tanpa harus dengerin apa isi hati die. (karena ini sudah berlalu, kalian yang ingin gampar gue sudah kehabisan kesempatan. Sorry guys, kapan2 aja deh yaaaa.... *ngacirrrrrr ).

Gak kerasa udah lebih dari dua tahun persahabatan gue sama dia, tapi gue mulai jarang hubungin dia lagi. Karena saat itu gue lagi rada gengges sama orang – orang disekitar gue, jadi gue kaya milih untuk nutup diri dan sama sekali enggak ada kontak sama sekali dengan teman – teman gue (Termasuk dia). Tapi saat itu, dia masih terus mencari gue dan benar2 perduli sama gue. Dia terus email semua hal yang terjadi sama dia. Bahkan sampai dimana dia juga sempat ngirimin gue kabar tentang rencana pernikahannya. Dia email ttg gimana dia bertemu sama nih cewek, sampai akhirnya dia mulai cerita tentang rencanya pernikahannya, terus undangannya, dan terakhir cerita ttg bagaimana pernikahannya berlangsung. Dari email-email yang dia berikan ke gue itu, gue cuma bales sekali doang. Gue Cuma bilang “selamat yak brur...!! semoga jadi pasangan yang sakinah, mawadah, warahmah .... “ (kaya di tipi2 tuh!) udah, gitu doangan.

Terus aja nih kaya gitu. Keadaan sama sekali enggak berubah. Gue tetep cuek sama dia, dan dia masih terus cari kesempatan untuk perduli ama gue. Bahkan ketika anaknye lahir, dia telpon gue dari luar negeri untuk ngasih tahu kalau anaknye udah lahir. (kaga mahal itu telponnyah ncang????)

Gue bener-bener menghargai setiap hal yang pernah dia lakukan untuk gue, dan sejujurnya gue ngerasain banget gimana dia sayang ama gue. Enggak tahu kenapa, kok sepertinya gue seperti tidak pernah memberikan kesempatan untuk “melihat” dia, dan “mendengar” dia. Sepertinya, semua yang ada hubungannya sama dia (waktu itu) was just an ordinary thing. Nothing special.

Tiba sampai dimana gue mulai berani untuk nyari dia lagi dan cerita ke dia tentang ke galauan hidup gue, dimana gue emang bener-bener lagi sedih. Disitu gue ingat dan gue tahu kepada siapa gue harus mengadu, dan kemana gue harus mencari kekuatan bulan (sailormoon). Pucuk dicinta ulam tiba, ketika gue email dia, dia balas dengan baik dan bilang ke gue kalau dia akan datang ke Indonesia untuk ngerjain proyek baru kerjaannya di Jakarta dan akan menetap disini selama sekitar 3-6 minggu. Dan dia bilang dia akan nemuin gue dan akan dengerin cerita gue. Sama dia juga minta untuk ditemenin makan pecel ayam dipinggir jalan sama sepeda-an di hari minggu. (mehhhh... gue gak punya sepeda Om... naik busway aja yuk!! Gue traktir deh!)

As I mentioned before, dia itu emang temen yang luar biasa untuk gue. Dia bisa membawa mood gue balik menjadi lebih oke, terus dia berhasil ngebuat gue menyadari kalau gue gak pernah sendiri (at least ada die) dan dia pernah bilang ke gue “semua orang pasti sedih kalau kamu sedih, soalnya kalau kamu lagi ngambek, makanan dimana-mana pasti habis.. so, Jangan sedih terus ya!”.. ( ape hubungannya maleeeehhhhh... -__-).

Dia bener-bener ada untuk gue sampai akhirnya dia sudah 2 minggu tinggal di Jakarta. Dia tidak hanya menjadi pendengar dan penasihat yang baik untuk gue, tapi dia berusaha untuk menjadi penghibur, pemberi makan, pemberi uang (pinjem buat parkir), sampai menjadi seseorang yang menghapus air mata gue kalau gue nangisin si mantan. (om charlie ST12, bikinin gue lagu dong..... )

Sampai di satu titik, dimana gue mendadak disadarkan karena kebaikan dia untuk gue. Gue mulai menyadari bahwa gue benar-benar “bodoh” dengan membiarkan seseorang yang baik seperti dia ini tidak memiliki kesempatan untuk menyatakan cintanya ke gue.

Gue langsung cari email2 dia yang dulu2. Gue baca-baca, gue tela’ah, gue teliti dan benar benar gue dikagetkan dengan semua email yang pernah dia tulis. It is OBVIOUS kalau dia emang beraharap gue kasih dia waktu untuk bicara tentang perasaan dia. Tapi .... L sama sekali gue enggak kasih kesempatan itu. Sampai akhirnya, dia kasih gue banyak lagu karena gue gak pernah dengerin dia dan memberikan kesempatan dia untuk menceritakan tentang perasaan dia.

At the back times, gue bukannya nyuekin dia dalam segala hal. Tapi setiap dia mulai ada hal untuk membawa pembicaraan kearah “pengungkapan cinta”, gue langsung mengalihkan pembicaraan supaya dia enggak ngelanjutin niatnya ngomong sama gue. Tapi kalau udah maen lagi sama dia, ya balik lagi deh. Mulai dari ketawa-ketawa sampai dipelototin sama bapak-bapak yang keselek karena kaget denger suara kita. Terus ngebantuin bule asal swedia yang kejebak di lift hotel, terus sampai nyobain jadi “kenek” bis di Metro mini 19 jurusan blok m. Pokoknya, we’re good friends deh... seneng-seneng all the time! =) *i miss that moments.*

Dasar emang saat itu gue lagi mati rasa (gini kali yak rasanya jadi rhino, punya kulit tebel). Sama sekali enggak bisa membuat gue sadar. Rasanya pengen nabok diri sendiri waktu dia kasih lagu “all the love in the world” nya the corrs. Gue cuma reply :

“wahhhh, lagunya bagus!! Eh udah liat film nya belum ? disini si julia roberts cakep banget yach ??? padahal film pretty woman udah lama banget, tapi disini dia masih keliatan muda. Gimana sih caranya punya wajah kaya dia ??? oh iya, bibir tebal kaya dia emang seksi yah untuk cowo ?”

* gue Benar benar tidak berprikemanusiaan!!! *

Penyesalan gue ini rupanya tidak hanhya dengan menyesali betapa “jahatnya” sikap gue ini sama dia. Tapi gue perlahan-lahan mulai menyadari betapa gue sebenarnya tidak pernah menghargai dia sebagai seseorang yang juga mau mengungkapkan isi hatinya ke gue.

Sekarang, setelah apa yang terjadi sama gue dan dia. Dapat gue simpulkan bahwa terkadang kita merasa bahwa diri kita ini sudah melakukan hal baik tanpa memikirkan apakah hal ini juga baik untuk orang lain. Atau justru tidak perduli bahwa hal yang kita lakukan ini berdampak buruk untuk orang lain. Setelah hampir 2 tahun gue mati rasa, gue mulai tersadar, dan ternyata itu semua sudah terlambat.

Dia sudah menikahi wanita yang pantas untuk dia, dan dia udah dikaruniain anak yang bener-bener mirip sama dia. Doyan tidur, dan suka cengar-cengir kaya bapaknya yang mungkin ada keturunan kuda (hahahhaha, kalau kamu ngerasa, maap Yakkkk...). He was blessed with his new family. Tiap saat dia cerita ke gue betapa dia sangat bahagia dengan kehidupannya. Betapa dia sangat bersyukur untuk kehidupan dia. Disitu, gue Cuma bisa bilang ke dia.... “am happy to see you happy !! and am happy for you!!!”. (padahal dalem ati pengen ngejeduk-in pala ke tembok).

Sebenarnya nih, gue pengen banget letting him know, that : “ gue udah sadar lhooooo.....”, “maabin gue yak, gue kaga sempat ngijinin elu ngungkapin perasaan elu...”, “emang lu pernah suka ama gue yak ‘???”. Uffffttttt, kaga usah deh... lebih baik kaga usah. Semuanya gak akan menjadi lebih baik juga malah justru akan membuat kehidupan dia menjadi lebih sulit dengan situasi yang harus dia hadapi.

Makanyeeee, jadi orang jangan belagu. Karma itu berlaku untuk setiap orang. Kaga pandang bulu. Kaga pandang elu punya banyak bulu apa kagak, kagak pandang elu sering cukuran apa kagak. Karma itu benar-benar ada. Disini gue belajar, bahwa gue dari dulu sering nyuekin temen gue ini. Tapi sekarang ?? gue gantian di cuekin sama dia karena dia sudah sibuk dengan kehiduap barunya. Dengan keluarganya, dengan kerjaannya dan juga dengan temen-temen lainnya. Hal inilah yang benar2 pernah gue lakukan ke dia. At last L i deserve this !!

Dalam hal ini juga, gue bisa lihat bahwa setiap niat baik, itu akan berhasil baik. Temen gue yang doyan nyengir ini, gak pernah punya niat buruk or memanfaatkan sesuatu dari setiap saat dimana dia bersama gue. Bahkan ketika sudah gue cuekin pun, dia masih punya perasaan positif dan terus menerus memperhatikan gue.

So daripada elu menyesal sampai kayang-kayang, saran gue sih, mendingan elu coba untuk lebih “rendah hati” melihat segala sesuatu di sekeliling lu. Karena kadang2 emang sang Maha Kuasa ini, menolong anaknya melalui orang lain.. and we have to be ready as his tools.... getoooo....

Terusssss... sebenarnya gue mau bikin cerita lain lagi. Tapi kayanya cerita tentang si teman baik ini merupakan satu titik balik dimana gue mulai “sadar” bahwa idup didunia itu gak boleh gitu. (Masih sama soal karma yang berlaku pada setiap kehidupan kita). Beneran deh, gue bener-bener belajar banyak dari pengalaman gue ini. Rasanya kadang2 idup itu kaga adil ketika Karma itu balik ke kita, terus blaming on the situation yang sebenarnya mungkin aja masalah ini muncul gara2 kesalahan sendiri at the past.

Sekarang, setelah semuanya berjalan kembali seperti biasa, giliran gue yang “dying” for his attentions. Bener-bener gue merasa idup gue kaga lengkap sebelum gue imel-imelan, sms-an, ato telpon-telponan. Eventhough semuanya emang agak sulit untuk dirubah, tapi gue harus menjadi orang yang cukup besar hati untuk menerima keadaan ini. Seperti, menerima bahwa dia udah gak bisa kasih “full attention” ke gue, but rather just say “hi”.

Totally, I can’t change anything. Tapi kalau ada jin yang datang dan bisa merubah segalanya, gue bener2 mau mengajukan satu permintaan .. yaitu ; “kuda poni” (hah ?? itu mah iklannn...). well, gue akan minta untuk diulang lagi waktu kira-kira 2 tahun terakhir aja deh. I would change these stupid things, and make a better choices instead.

- END -


31 Oktober 2011


No comments:

Post a Comment